Akan Datang Suatu Masa

Oleh: Mohammad Fauzil Adhim

DAUNJATUH.COM – Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah shallaLlahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

يَكُونُ فِي هَذِهِ اْلأُمَّةِ فِي آخِرِ الزَّمَانِ رِجَالٌ -أَوْ قَالَ: يَخْرُجُ رِجَالٌ مِنْ هَذِهِ اْلأُمَّةِ فِـي آخِرِ الزَّمَانِ- مَعَهُمْ أَسْيَاطٌ كَأَنَّهَا أَذْنَابُ الْبَقَرِ يَغْدُونَ فِي سَخَطِ اللهِ وَيَرُوحُونَ فِي غَضَبِهِ.

“Akan ada pada umat ini di akhir zaman orang-orang –atau beliau bersabda, ‘Akan keluar beberapa orang dari umat ini di akhir zaman-, mereka membawa cambuk-cambuk bagaikan ekor sapi, mereka pergi di pagi hari dengan kemurkaan Allah dan pulang pada sore hari dengan kemarahan-Nya.” (HR. Ahmad).

Siapakah mereka? Orang-orang yang menganiaya kaum muslimin tanpa alasan yang haq. Boleh jadi di antara yang melakukan penganiayaan itu muslim juga, tetapi mereka jauh dari kebaikan. Rasulullah shallaLlahu alaihi wa sallam nyatakan bahwa mereka adalah orang-orang yang paginya dimurkai Allah Ta’ala, sedangkan sorenya dalam kemarahan Allah ‘Azza wa Jalla pula. Pagi dan petang itulah terutama waktu-waktu yang mereka pergunakan untuk menganiaya muslimin hanya karena keteguhannya memegangi agama ini

Siapakah sesungguhnya mereka? Ath-Thabarani meriwayatkan dalam al-Kabiir:

سَيَكُوْنُ فِي آخِرِ الزَّمَانِ شُرْطَةٌ يَغْدُوْنَ فِـي غَضَبِ اللهِ، وَيَرُوْحُوْنَ فيِ سخَطِ اللهِ، فَإِيَّاكَ أَنْ تَكُوْنَ مِنْ بِطَانَتِهِمْ.

“Akan ada di akhir zaman para penegak hukum yang pergi dengan kemurkaan Allah dan kembali dengan kemurkaan Allah, maka hati-hatilah engkau agar tidak menjadi kelompok mereka.” (HR. Ath-Thabarani).

Jadi, siapakah mereka? Para penegak hukum, orang-orang yang seharusnya menjadikan hukum ini tegak sehingga keadilan merata dan ketenteraman terasa. Akan tetapi pada masa itu, banyak di antara penegak hukum itu yang justru melakukan kezaliman besar kepada muslimin atau menjadi pelindung dan penjaga orang-orang zalim. Mereka melakukan kezaliman, merestui kezaliman atau menyuruhkan kezaliman dengan memberi perlindungan kepada yang melakukan. Semua kezaliman itu ditujukan kepada sebagian muslimin yang bersungguh-sungguh dengan keislamannya sehingga dapat mempertakuti muslimin lainnya

Untuk kepentingan siapa mereka memperbuat kezaliman? Rasulullah shallaLlahu ‘aliahi wa sallam bersabda:

صِنْفَانِ مِنْ أَهْلِ النَّـارِ لَمْ أَرَهُمَا قَوْمٌ مَعَهُمْ سِيَاطٌ كَأَذْنَابِ الْبَقَـرِ يَضْرِبُونَ بِهَا النَّاسَ…

‘Ada dua kelompok dari penghuni Neraka yang belum pernah aku lihat; satu kaum yang membawa cemeti seperti ekor sapi, dengannya mereka mencambuk manusia….” (HR. Muslim).

Imam An-Nawawi rahimahullah berkata, “Hadis ini adalah di antara mukzijat Nabi shallaLlahu ‘aliahi wa sallam. Sungguh, telah terbukti apa yang dikabarkan oleh beliau shallaLlahu ‘alaihi wa sallam, adapun orang-orang yang membawa cambuk adalah pengawal-pengawal penguasa yang berbuat kezaliman.”

Apakah peristiwa-peristiwa tersebut sudah terjadi di masa hidup Nabi shallaLlahu ‘alaihi wa sallam? Tidak. Sebagaimana kita baca dalam hadis riwayat Muslim tersebut, Nabi yang mulia belum menjumpai mereka ini. Apa pelajarannya? Inilah yang perlu kita renungkan seraya berharap semoga masa itu belum tiba. Adapun apabila kelak tiba masanya terjadi, semoga Allah Ta’ala tetapkan kita di atas jalan Sunnah; jalan Ahlussunnah wal Jama’ah yang istiqamah. Bukan menjadi pendukung mereka, bukan pula menjadi pembela mereka maupun orang-orang yang berada di dalam barisan mereka dari kalangan Qarun maupun Haman

Semoga Allah Ta’ala menolong kita.*

Tinggalkan Balasan