BERSERAKAN
Now Reading
Habib Abdurrahman Wafat, Ribuan Pelayat Berdatangan ke Kwitang

Habib Abdurrahman Wafat, Ribuan Pelayat Berdatangan ke Kwitang

by daunjatuhJanuari 16, 2018

DAUNJATUH.COM – Habib Abdurahman bin Muhammad bin Ali Habsyi meninggal di Rumah Sakit Haji Pondok Gede, Jakarta Timur sekitar pukul 20.15 WIB. Rencananya jenazah Habib Abdurahman akan dimakamkan Selasa (16/1) siang di lokasi pemakaman keluarga di Masjid Jami Al-Riyadh.

Ribuan pelayat berdatangan ke Majelis Taklim Ali al Habib al Habsyi Kwitang, di Jakarta Pusat, sejak Senin (15/1) malam.

Mengutip Antara, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakil Gubernur Sandiaga Salahuddin Uno juga turut melayat Habib Abdurrahman.

Sandiaga yang datang lebih dulu menuju Majelis Taklim tersebut kemudian disusul oleh Anies.

Anies terlihat matanya menahan kesedihan, karena dia memiliki hubungan yang cukup dekat dengan almarhum.

“Kedekatan kami bukan kali ini saja, tapi sudah dekat dari jaman kakek saya (AR. Baswedan) saat menjadi BPUPKl, yang pernah tinggal di Kwitang,” kata Anies.

Habib Abdurrahman selama ini dikenal sebagai keturunan dari Habib Ali, pendiri Majelis Taklim Kwitang yang merupakan cikal-bakal organisasi-organisasi keagamaan di Jakarta.

Anies Baswedan menilai Habib Abdurrahman merupakan orang baik dengan melihat banyaknya pelayat yang datang.

Dalam akun Instagramnya, Anies, juga sempat mengunggah fotonya bersama Habib Abdurrahman.

“Innalillahi wa inna illahi rajiun, Habib Abdurrahman bin Muhammad bin Muhammad bin Ali Al-Habsyi wafat tepat saat adzan isya berkumandang. Malam ini baru saja keluar dari masjid Kwitang, di mana jenazah disemayamkan. Dalam hitungan jam, ribuan telah hadir untuk takziyah di Kwitang. Insya Allah itu adalah tanda bahwa aliran pahala padanya tidak akan berhenti lewat dari doa anak-anaknya. lewat ilmu yang diamalkan oleh beribu-ribu murid-muridnya,” kata Anies dalam akun Instagramnya.

Anies juga bercerita tentang pertemuannya dengan Habib Abdurrahman pada 14 Desember 2017, di masjid Kwitang, saat acara Maulid Nabi.

“Kita bercanda sampai kita semua tertawa lepas. Malam ini bersama bang @sandiuno, kami duduk di dalam bersama anaknya, Habib Ali, menceritakan hari-hari dan jam-jam terakhir almarhum. Al-fatihah,” tulis Anies.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abraham Lunggana juga mengungkapkan duka citanya dalam akun twitternya @halus24.

“Telah wafat Guru Kita Semua Al Habib Abdurahman Kwitang Semoga amal ibadah almarhum diterima Allah SWT, Dan almarhum diberikan kenikmatan kubur serta diberikan karunia-Nya berupa syurga di akhirat kelak. Aamiin Allahumma Aamiin,” kata Lulung.

Sementara mantan Menteri Kehakiman Yusril Ihza Mehendra menyebut Habib Abdurrahman adalah sosok ulama tawadhu dan baik terhadap sesama.

“Dukacita yang mendalam saya ucapkan atas wafatnya Habib Abdurrahman al Habsy Kwitang tadi malam di RS Haji Jakarta. Semoga Allah SWT menerima segala amalnya dan mengampuni salah dan khilafnya. Habib Kwitang, adalah ulama yang tawadhu dan bersikap baik kepada sesama,” kata Yusril melalui akun twitternya.*

Sumber : Antara/CNN Indonesia

About The Author
daunjatuh

You must log in to post a comment