Bhutan, Negara di Asia yang Rakyatnya Paling Bahagia

DAUNJATUH.COM – Jika ingin bepergian ke tempat yang tak biasa, tak ada salahnya kamu mampir ke Bhutan. Negara yang letaknya berbatasan dengan Tiongkok dan India ini masih termasuk ke dalam benua Asia. Bila dihitung-hitung, luasnya tak jauh berbeda dengan Provinsi Jawa Tengah.

Bangsa yang mayoritas beragama Buddha ini juga cukup unik. Saat negara lain menghitung pertumbuhan ekonominya dengan Produk Domestik Bruto (PDB). Sedangkan, Bhutan mengunakan Gross National Hapiness (GNH) dengan menyeimbangkan pembangunan ekonomi, budaya, pelestarian lingkungan dan pemerintahan yang baik.

GNH mengukur tingkat kebahagiaan masyarakatnya, kualiatas hidup dan pembangunan spiritual dan metarial. Tahun 2015 91,2 persen warganya merasa bahagia karena perbaikan standar hidup, perawatan kesehatan dan partisipasi mereka daam sebuah acara budaya. Pemimpin Bhutan pun juga berfokus untuk menciptakan kondisi agar warganya selalu bahagia.

Selain itu, pemerintah juga selalu menjamin kesehatan warganya dengan gratis terhadap perawatan media baik dengan cara modern atau tradisional. Tak lupa, mereka juga menanamkan nilai kemanusiaan sejak dini. Mereka dibekali pelajaran tentang pelestarian lingkungan, daur ulang dan sikap perhatian dengan orang lain. Pendidikan di Bhutan pun juga gratis.

Dilansir India Times, pada 2013, negara ini mengumumkan semua yang mereka tanam harus organik dan selaras dengan alam. Negara ini juga memperhatikan penggunaan sumber enegri yang tidak menyebabkan polusi dan kualitas udara.

Bahkan Bhutan dinobatkan menjadi negara pertama yang karbonnya negatif. Bhutan menghasilkan emisi 1,5 juta ton karbon dioksida sedangkan 60% kawasan negara itu adalah hutan yang mampu menyerap 6 juta ton karbon dioksida.

Langkah Bhutan rupanya membuahkan hasil. Negara ini termasuk peringkat atas di antara negara-negara di Asia yang rakyatnya paling bahagia. Sejak tahun 1980 tingkat harapan hidup meningkat 20 tahun dan pendapatan perkapita sebesar 450 persen. Rakyat di sini juga dikenal sangat sopan, ramah dan suka menolong.

Rakyat Bhutan begitu bahagia karena mereka puas dengan hidupnya. Mereka tidak materialistis dan lebih memilih hidup dengan ketenangan. Pemerintah pun juga menolak investasi yang akan menggangu keseimbangan alam yang dikhawatirkan akan menganggu kebahagiaan orang Bhutan. Bagaimana, kamu tertarik pergi ke sini?*

Sumber : Kumparan

Tinggalkan Balasan