BERSERAKAN
Now Reading
Pekan Depan UI Luncurkan Halal Center

Pekan Depan UI Luncurkan Halal Center

by daunjatuhDesember 16, 2017

DAUNJATUH.COM – Universitas Indonesia (UI) akan meluncurkan satu Unit Kerja Khusus Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat UI bernama UI Halal Center. Rencananya, UI Halal Center akan diresmikan pada Selasa 19 Desember 2017 di Kampus UI Depok

Kepala Laboratorium UI Halal Center Prof Amarila Malik mengatakan UI Halal Center akan menjadi pusat pemeriksa, edukasi dan advokasi jaminan produk halal. Diharapkan UI Halal Center bisa memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat Indonesia maupun dunia.

“Kami akan melaunching UI Halal Center nanti Selasa depan, tujuannya untuk mendukung lancar proses tentang UU 33 2014 terkait Jaminan Produk Halal,” ujarnya kepada Republika.co.id di Jakarta, Jumat (15/12).

Dalam waktu dekat ini pihaknya mempersiapkan diri untuk mendirikan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) di bawah UI Halal Center. “Sedangkan rencana jangka panjang, kami akan berupaya mendirikan Institusi Ilmu Kehalalan dan memproduksi barang dan jasa halal. Kami sedang menyiapkan untuk auditornya, apakah dari UI atau auditor halal perguruan lain,” ungkapnya.

Sebelumnya, UI telah menjalankan kegiatan studi halal melalui Pusat-pusat Studi Halal yang tersebar di beberapa fakultas, namun kini telah terintegrasi ke dalam UI Halal Center sesuai dengan SK Rektor No. 1931/SK/R/UI/2017. UI Halal Center berjalan selaras dengan Visi Misi UI dengan mengacu pada UU No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. UI Halal Center kini terlibat aktif dalam forum-forum koordinasi yang diselengarakan oleh BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Kementerian Agama RI) dan bersinergi dengan Halal Center dari perguruan tinggi di berbagai daerah.

Saat ini tawaran kerjasama dengan UI Halal Center tidak hanya datang dari lembaga dalam negeri, melainkan dari institusi luar negeri seperti University of Shizuoka, Jepang yang telah menyatakan minatnya untuk bekerja sama dalam rangka peningkatan pemahaman halal terutama untuk menyediakan fasilitas kantin yang Moslem friendly di kampusnya.

Kerja sama lainnya yang sedang dijajaki lainnya diantaranya dengan Halal Center MSU (Management and Science University) Malaysia yaitu International Center for Halal Studies (ICHLAS) yang fokus pada industri halal kosmetik dan farmasi.*

Sumber : Khazanah/ROL

About The Author
daunjatuh

You must log in to post a comment