Pemprov DKI Siaga Antisipasi Banjir Rob Dua Hari ke Depan

DAUNJATUH.COM – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, Pemprov DKI akan siap siaga sampai dua hari ke depan untuk menghadapi ancaman banjir rob.

“(Banjir rob) kemarin, Alhamdulillah jam 4 sore (16.00 WIB) sudah tertangani, sudah kering lagi, tetapi kita akan siap terus terutama sampai dua hari ke depan,” kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (6/12).

Sebab menurut prediksi, kata Anies, sampai dua hari ke depan permukaan air akan meningkat dan sesudahnya akan turun.
“Jadi, dua hari ini statusnya siaga. 24 jam siap sambil kita berharap mudah-mudahan tidak ada bencana,” imbuh Anies.

Ditemui terpisah, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengaku telah menyiagakan penyediaan karung pasir untuk mengantisipasi banjir rob yang mengancam Jakarta Utara.

Wilayah-wilayah tiga kecamatan di Jakarta Utara yakni Cilincing, Pademangan, dan Penjaringan, tergenang banjir rob Selasa (5/12) kemarin.

“Kami siapkan [antisipasi terjadi banjir rob] terus, itu akan continue. Ini karena fenomena siklus cuaca yang ekstrem,” ujar Sandi.

Kendati demikian, Sandi menegaskan, penyediaan karung pasir itu hanya solusi jangka pendek yang dilakukan Pemprov DKI. Ke depan, lanjut Sandi, antisipasi banjir rob akan dilakukan dengan pengerjaan proyek tanggul laut raksasa atau National Capital Integrated Coastal Development (NCICD).

“NCICID itu jangka panjangnya. Untuk sementara karung pasir dan pompa harus ada dan dipastikan 24 jam siap untuk banjir rob,” katanya.

Selain itu, salah satunya untuk mengantisipasi meluapnya air laut di kawasan Jakarta Utara, saat ini tengah dibangun tanggul laut di kawasan Muara Baru, Penjaringan, dan Kali Baru, Cilincing. Itu semua ditargetkan selesai tahun depan.*

Sumber : CNN Indonesia

Tinggalkan Balasan