KABAR ANGIN
Now Reading
Sidak di Kelurahan Cikini, Anies Tidak Marah-Marah Meski Kantor Sepi

Sidak di Kelurahan Cikini, Anies Tidak Marah-Marah Meski Kantor Sepi

by daunjatuhOktober 24, 2017

DAUNJATUH.COM – Anies Baswedan melakukan inspeksi mendadak (sidak) untuk pertama kali dalam kapasitasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta. Kantor Kelurahan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, menjadi lokasi pertama yang disidak Anies pada Selasa (24/10) pagi.

Anies disambut oleh Kepala Lurah Cikini Ati Mediana saat tiba sekitar pukul 07.15 WIB,

Suasana kantor masih cukup sepi meski petugas kelurahan berangsur-angsur datang untuk berjaga di meja pelayanan warga. Ia tak marah dengan situasi itu.

“Saya datang ke sini untuk melihat langsung, nanti pasti akan banyak tempat lagi. Tujuannya bukan mencari masalah, bukan menjebak orang, tetapi mari bekerja sama-sama, kita ingin semua aparatur bekerja mengubah Jakarta,” kata Anies.

Dalam sidak itu Anies menyebut lurah adalah ujung tombak pelayanan warga, seperti dalam pengurusan administrasi kependudukan, hingga surat rekomendasi untuk menerima Kartu Jakarta Pintar (KJP).

“Kami ingin memastikan pelayanan dijalankan dengan sebaik-baiknya, mulai dari yang paling sederhana, tepat waktu ketika melayani, kemudian ketika menerima keluhan direspons baik dan selesai dengan tuntas,” ujarnya.

Ia juga berharap kelurahan memfasilitasi kegiatan pembinaan warga, bukan hanya sebagai administrasi pemerintahan. Serta bisa menjadi contoh warga hidup tertib, mulai dari aspek kebersihan dan kedisiplinan, serta

Menurut Anies, lurah bukan sekedar administrator atau bawahan camat, tetapi pemimpin di wilayahnya. Sebagai pemimpin lurah dituntut menguasai situasi di tempatnya.

Para lurah, lanjut Anies, wajib mengetahui tingkat kemiskinan, pengangguran, pelayanan kesehatan, kualitas pendidikan, dan kesejahteraan di wilayahnya.

“Pemimpin harus merespons masalah-masalah yang datang ke mejanya, termasuk antisipasi potensi banjir, antisipasi masalah-masalah infrastruktur, jadi ini ujung tombak,” ujar dia.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI 2014-2016 itu lantas mengapresiasi Kelurahan Cikini yang sudah memiliki program bank sampah.

Bank sampah di kelurahan Cikini didanai secara swadaya. Pihak pengelola juga mengajak beberapa pengusaha sekitar untuk menyumbangkan barang daur ulang.

Hal yang disayangkan oleh Anies di Kelurahan Cikini adalah ketiadaan puskesmas dan ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA).

“Memang unik juga ini salah satu tempat paling lama di Jakarta, bukan Jakarta wilayah baru ya tapi malah justru tidak ada puskesmas,” kata Anies.

Menanggapi hal tersebut, Lurah Ati menyebut bahwa permasalahannya adalah keterbatasan lahan.*

Sumber : CNN Indonesia

About The Author
daunjatuh

You must log in to post a comment