KABAR ANGIN
Now Reading
Cuaca Ekstrem hingga 40-50 Derajat Celsius, Makkah Sepi dan Lengang

Cuaca Ekstrem hingga 40-50 Derajat Celsius, Makkah Sepi dan Lengang

by daunjatuhJuli 30, 2017

DAUNJATUH.COM – Cuaca ekstrem menyelimuti Arab Saudi. Jamaah Haji Indonesia diminta tidak keluar ruangan karena suhu di kisaran 40-50 derajat celcius.

Tampak di Kota Makkah wilayah Syisyah pada pukul 11.01 WAS atau sekira pukul 15.00 WIB. Perlu diketahui Makkah dan Jakarta memiliki perbedaan waktu 4 jam, lebih dulu di Jakarta.

Tampak trotoar jalan sepi, padahal terbilang masih pagi. Suhu pagi ini di Makkah sekira 39 derajat. Biasanya sekira pukul 12.00 WIB, panas akan menanjak di atas 40 derajat celcius. Sementara kelembapan terpantau 32%. Diperkirakan warga maupun pendatang menghindari aktivitas fisik yang berlebihan terutama di luar gedung.

Jemaah juga diimbau perbanyak minum air putih agar tidak mengalami dehidrasi. Selain itu, mereka juga harus memakai masker yang telah dibasahi. Jika tidak kuat, maka akan membuat hidung berdarah.

Yang paling ringan kulit kering dan bibir pecah-pecah. Sedang yang paling berat heat stroke yang dapat berakibat penurunan kesadaran hingga kematian.

Untuk mengantisipasi serangan penyakit akibat suhu tinggi, ada sejumlah tips, antara lain Meski tak terasa haus harus banyak minum, 300 cc/jam (segelas). Memakai pelindung: payung, topi, alas kaki, kacamata hitam, berteduh, masker basah, tabir surya. Menyemprot wajah dan bagian tubuh yang terpapar sinar matahari.*

Sumber : Okezone

About The Author
daunjatuh

You must log in to post a comment