Ketika Pasar Zaman Nabi Saouq Al-Manakah Madinah Hadir Kembali

DAUNJATUH.COM – Pasar Souq Al-Manakhah, yang hadir di era Nabi Muhammad SAW, kini bisa kembali disaksikan kesibukannya di Madinah.

Souq Al-Manakhah ini terletak di sebelah barat daya Masjid Nabawi,. Tempat ini merupakan situs warisan sejarah yang berkaitan dengan kehidupan Rasullah SAW.

Keberadaan tempat belanja ini bermula ketika seorang sahabat Nabi SAW, Ataa Bin Yasar, mengatakan bahwa ketika orang-orang Madinah meminta Nabi untuk memilih souq untuk mereka, beli memilih memilih souq ini.

Seperti dilansir Saudigazette.com, tidak ada bangunan permanen yang dibangun di Al-Manakhah, sesuai dengan perintah Khalifah Umar Bin Al-Khattab yang sempat menyatakan bila souq anugerah bagi umat Islam.

Tak beda di zaman dahulu, Al-Manakhah akan tetap menjadi pasar umum dan tempat di mana para peziarah bisa beristirahat.

Karena melihat nilai histors dari Souq Al-Manakhah inilah maka sesuai dengan arahan Pangeran Faisal Bin Salman, selaku Emir Provinsi Madinah, tempat belanja ini kemudian direhabilitasi. Di tempat itu para pedagang asongan diminta menampilkan barangnya secara rapi dan teratur. Dan cara memajang barang dagangannya pun tetap disesuaikan dengan mengacu cara tradisional yang selama ini telah praktikkan selama berabad-abad.

Dan sebagai upaya untuk melindungi sifat tradisional dari pasar bersejarah ini, maka pengelola wilayah Madinah membentuk sebuah komite untuk memilih sekitar 1.000 tempat perbelanjaan. Pada pedagangnya pun diberi kartu identitas khusus yang memungkinkan mereka mendapatkan keuntungan dari lokasi yang ditentukan.*

Sumber : Ihram.co.id

Tinggalkan Balasan