OPINI
Now Reading
Spirit Tanah Suci untuk DKI 2017

Spirit Tanah Suci untuk DKI 2017

by daunjatuhFebruari 7, 2017

Oleh: H. Soenarwoto Prono Leksono *)

DAUNJATUH.COM – Alhamdulillah. Tiga bulan terakhir ini (Oktober, Desember, dan Januari), saya berturut-turut berkesempatan pergi ke Tanah Suci untuk mengantarkan rombongan jamaah umrah. Selama di Tanah Suci di luar melaksanakan ibadah umrah, pada saat makan atau hendak pergi dan pulang ke masjid, saya luangkan waktu untuk berdialog dengan jamaah umrah asal DKI Jakarta. Menanyakan kepada mereka tentang pilihannya; Pilkada DKI Jakarta 2017.

Untuk menemui jamaah asal Jakarta di Tanah Suci, tidaklah sulit. Jamaah umrah Indonesia yang paling banyak adalah dari Jakarta. Berjuta-juta jumlahnya. Tower Zamzam, ikon hotel terbesar di Makkah itu, siang dan malam selalu riuh dengan celoteh “elu gue”. Artinya, kompleks hotel termegah di Makkah itu sangat berjibun jamaah menginap asal Jakarta.

Ngomong-ngomong, bapak dan ibu pilih siapa nih? Pilih calon pemimpin Muslim atau non-Muslim? Tanya saya dengan iseng dan bercanda. Dan, pertanyaan saya itu langsung direspons dengan penuh antusias dan serius oleh rombongan jamaah asal Jakarta.

“Maaf-maaf kate nih bang, kite nih muslim, ya harus milih pemimpin Muslim dong bang,” ucap jamaah asal Jakarta serempak dengan yakin.

“Eeh.., kenape begitu sih enyak babe. Pan itu tak demokratis namenye? Tanya saya bercanda lagi, dan kali ini ikutan dengan logat betawi tapi sangat medok. Maklum lidah jawa. Dengar ucapan saya betawi yang slendro itu jamaah Jakarta sontak tertawa. Saya dianggap lucu. Tapi, hal itu yang menjadikan keakraban di antara kita. Muslim Indonesia memang bineka, termasuk lidah kita.

“Aah, gimane nih abang. Pan orang Muslim diperintahkan pilih pemimpin Muslim, seperti dalam Alquran surah Al-Maidah 51 itu. Perintah agama tuh bang, tuh perintah Allah kepada kite yang Muslim beginian. Kalau non-Muslim mah itu urusan mereka pilih siape,” jawabnya.

Itulah jawaban jamaah asal Jakarta. Bukan seorang dua orang jamaah, juga bukan satu rombongan dua rombongan, tapi hampir semua jamaah dari Jakarta menjawab seperti itu. Mereka pilih pemimpin Muslim. Inilah suara jamaah sekaligus spirit dari Tanah Suci untuk Pilkada DKI Jakarta 2017.

Spirit dan semangatnya untuk membangun kekompakan, kebersamaan, dan persaudaraan antar-sesama Muslim seperti yang diserukan dalam manasik haji dan umrah. Sesama Muslim adalah saudara; dunia dan akherat. Dan, spirit dari Tanah Suci ini semoga dikembang-luaskan oleh para jamaah kepada saudara seiman di Jakarta.

So, ngomong-ngomong entar gimana kalau ada serangan fajar atau pemberian angpao jelang coblosan dari para cukong. Tebal lho? “Naudzubillah, amit-amit bang. Untuk pilkada ini, kite semua harus pilih pemimpin yang muslim. Mumpung ini masih di Tanah Suci, ikut doakan bang calon kite yang menang,” jawab jamaah asal Jakarta dengan kompak. Aamiin Allahuma Aamiin.

Sumber : Republika

*) Penulis tinggal di Surabaya, Jatim

About The Author
daunjatuh

You must log in to post a comment