Rahmat-Nya Lebih Dekat Saat Bersujud

DAUNJATUH.COM – Sujud adalah saat yang paling banyak digunakan Nabi Muhammad saw untuk berdoa kepada Allah. Nabi pun kerap menganjurkan umatnya untuk berdoa di saat sujud. Karena dalam keadaan sujud terkandung maka penyerahan diri yang luar biasa kepada Allah, dimana seseorang meletakkan kepalanya —yang merupakan bagian tubuh paling mulia— di atas tanah yang terletak di bawah dan selalu terinjak-injak.

Sujud adalah ibadah paling tinggi di sisi Allah dan saat yang paling dekat antara seorang hamba dengan Tuhannya. Rasulullah saw bersabda, “Saat yang paling dekat antara seorang hamba dengan Tuhannya adalah ketika sujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu.” (HR Muslim)

Pada kesempatan lain beliau bersabda, “Agungkanlah Allah ketika rukuk dan bersungguh-sungguhlah berdoa ketika sujud.” (HR Nasa’i)

An-Nawawi mengatakan, “Maksud hadits Rasullah saw di atas adalah bahwa rahmat dan karunia Allah lebih dekat kepada seorang hamba pada waktu ia bersujud. Di dalam hadist tersebut juga terkandung anjuran untuk bertasbih dan berdoa ketika sujud.” * (DJ)

Tinggalkan Balasan