KABAR ANGIN
Now Reading
Subang Darurat HIV/AIDS, Ratusan Nyawa Melayang

Subang Darurat HIV/AIDS, Ratusan Nyawa Melayang

by daunjatuhDesember 6, 2016

DAUNJATUH.COM – Penyebaran virus HIV di Subang tinggi bahkan hingga merenggut ratusan nyawa, sehingga wilayah Subang, Jawa Barat, dinyatakan menjadi daerah darurat HIV/AIDS.

“Sebanyak 120 penderita HIV / AIDS di Subang meninggal dunia,” kata Sekretaris Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Subang, Maxie, dikutip KBKNews, Selasa (6/12).

Menurutnya, hingga medio Juni 2016, jumlah penderita HIV/AIDS sudah mencapai 1.276 orang, jika ditambah dengan yang sudah meninggal dunia, totalnya mencapai 1.476 orang.

Kasus terakhir kematian pengidap HIV/AIDS di Subang, menimpa anak perempuan usia di bawah umur. “Usianya baru sembilan tahun, sudah beberapa kali dirawat di rumah sakit, tapi nyawanya tidak tertolong,” jelas Maxie, seperti dilansir Tempo.co, Selasa (6/12/2016).

Menurut Maxie, dari 1.276 pengidap, 53 orang pengidap di antaranya masih berumur dibawah lima tahun. Lalu, ada 15 orang ibu hamil, lima di antaranya sudah berada di periode melahirkan. “Kami sedang menunggu kelahiran anak-anak itu, mudah-mudahan terlahir bebas dari HIV/AIDS,” harap Maxie.

Ia menyebutkan, penderita HIV/AIDS di daerahnya mayoritas perempuan dan berprofesi wanita pekerja seks komersial, disusul ibu rumah tangga, PNS, TNI-Polri, mahasiswa dan pelajar. Umur mereka rata-rata berada di kisaran 22-39 tahun, tapi, ada juga yang sudah berusia 60 tahun.

Dijelaskannya, penularan yang berkembang pesat disebabkan bertumbuhnya industrialisasi, pariwisata dan hadirnya tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang mendorong makin masifnya perilaku praktik seks bebas dan makin tingginya peredaran narkoba dari orang terlibat dalam tiga kegiatan tadi.*

About The Author
daunjatuh

You must log in to post a comment