Ada Suara Misterius dari Samudra Arktika, Hewan Laut pun Kabur Ketakutan

DAUNJATUH.COM – Ada suara dengingan aneh terdengar para pemburu dan pelaut dari dasar Samudra Arktika yang membuat hewan laut kabur karena ketakutan. Hingga kini, sumber suaranya masih menjadi misteri.

Dilansir National Geographic dari The Guardian, pemburu dan pelaut di wilayah Nunavut, Kanada, baru-baru ini melaporkan bahwa mereka mendengar suara bising misterius dari dasar Samudra Arktika, tepatnya di Selat Fury dan Hecla. Menurut para pelapor, suara tersebut terdengar seperti dengingan panjang.

Kedua selat itu dikenal sebagai situs perburuan populer setiap musim panas dan dingin. Kemunculan suara misterius tersebut membuat hewan-hewan di situs perburuan itu kabur karena ketakutan.

Menindaklanjuti laporan tersebut, Angkatan Laut Kanada kemudian menyelidiki asal muasal suara dan potensi bahaya yang bisa ditimbulkan dengan mengirimkan kru dan pesawat patroli CP-140 Aurora.

Juru bicara Departemen Pertahanan Nasional Kanada, Ashley Lemire mengatakan bahwa Angkatan Laut Kanada menyadari kemunculan suara misterius yang terdengar dari dasar laut di Selat Fury dan Hecla di Nunavut.

“Awak pesawat melakukan berbagai pencarian multi-sensor di wilayah tersebut, termasuk pencarian akustik selama 1,5 jam. Namun ereka tidak menemukan adanya anomali akustik. Kru juga tidak mendeteksi adanya kontak permukaan dan bawah permukaan,” ujar Lemire.

Dalam penyelidikan tersebut, kata Lemire, tim AL juga mengamati dua kelompok paus dan enam anjing laut di sekitar selat.

“Saat ini, Departemen Pertahanan Nasional tidak berencana untuk melakukan penelitian lebih lanjut,” tambahnya. Dengan dihentikannya penyelidikan, teka-teki tentang sumber suara ini masih tak terpecahkan

Laut memiliki sejarah panjang dan sering mengejutkan kita dengan suara-suara aneh, mulai dari nyanyian ikan yang menakutkan hingga gelombang siulan besar yang dapat terdeteksi hingga antariksa. Awal tahun ini, misalnya, para peneliti mendeteksi suara dengungan atau senandung yang berasal dari wilayah terpencil di Samudra Pasifik, dan hingga kini sumber suara itu masih menjadi misteri.

Meski tampak alami dan tak berbahaya, namun suara, pemandangan dan bau yang tak lazim patut kita waspadai. Bisa jadi keanehan-keanehan tersebut merupakan peringatan dini tentang masalah lingkungan yang sedang terjadi namun belum kita ketahui atau sadari.*

Tinggalkan Balasan